"Kaiwakai" Melatih Kemampuan Wicara dengan Native Speaker

Kaiwakai November 2018 PBJ UNNES
Ohayou..
Kali ini kita akan membahas salah satu kegiatan luar prodi alias tidak masuk didalam sks perkuliahan yaitu Kaiwakai.

Kaiwa sendiri adalah kata dalam bahasa Jepang yang berarti percakapan atau pembicaraan dalam bahasa Indonesia (sumber * kamuslengkap). Kaiwakai sendiri diadakan dalam rangka membantu para mahasiswa untuk berbicara dalam bahasa Jepang sekaligus mempraktekan hasil pengajaran di kelas secara langsung. Sebagai lawan bicara kami mengundang Japanese native speaker langsung dari Nihon Partners.

Dalam kesempatan ini terdapat 3 orang Nihon Partners yang hadir di acara kaiwakai, mereka sendiri di Jepang adalah mahasiswa tingkat 4 di Universitas masing2x. Ada yang berasal dari Aomori, Osaka dan Kanagawa. Dalam prakteknya, peserta dibagi kedalam 3 kelompok besar.

Topik dari kaiwakai kali ini adalah sistem pendidikan atau perkuliahan di Jepang, walaupun topiknya spesifik, namun dalam pelaksanaannya mengalir lancar, dari hal pendidikan di Jepang, musim di Jepang, kota asal para Nihon Partners, apa yang disuka di Indonesia dan di Jepang, dsb. Pada awalnya masih terkesan kaku, namun seiring waktu semuanya mencair dan percakapan mulai mengalir. Di akhir acara juga kita main sedikit game yang membuat suasana semakin akrab dan semua semakin ngeblend.



Tentu saja diakhiri sesi foto foto :). Nihon Partners pun mengapresiasi acara ini dengan baik, dan bersedia jika lain kali diadakan acara serupa..
Arigatou gozaimashita




Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang

0 Response to ""Kaiwakai" Melatih Kemampuan Wicara dengan Native Speaker"