Mengenal Posutaa Happyoo di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES


Oleh: Yuyun Rosliyah



Posutaa Happyoo atau  poster presentation adalah sebuah istilah yang dipinjam dari kata poster dan happyou 'presentasi'. Presentasi poster ini terinspirasi dari salah satu kegiatan workshop yang dilaksanakan oleh AGBJI (Asosiasi Guru Bahasa Jepang Indonesia). Presentasi poster yang diterapkan pada mahasiswa semester enam yang telah mengikuti semua mata kuliah kependidikan ini merupakan presentasi poster yang pertama kali dilaksanakan, sebagai produk tugas akhir mahasiswa semester enam pada mata kuliah Micro Teaching. Presentasi memanfaatkan X-Banner untuk menjabarkan RPP (Rencana Program Pengajaran) dengan  menerapkan JF Standard, JF Can-do Level A1.

Sebelum kegiatan dilakukan, mahasiswa semester enam sebagai penampil berdiskusi tentang bahasa, tampilan poster secara berkelompok. Kemudian, pada waktu kegiatan, para mahasiswa  penampil poster sebagai penyaji bekerjasama dengan mahasiswa mahasiswa semester empat  sebagai peserta. Perjuangan para mahasiswa yang tak mudah menyerah, meskipun di sela ujian akhir semester (UAS) yang padat, alhamdulillah berkat kerjasama dan ketekunan dari berbagai pihak  baik mahasiswa maupun dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang, akhirnya sebagian kecil dari bekal mahasiswa sebelum terjun ke lapangan (PPL) bisa terlaksana.

Pelaksanaan mata kuliah Micro Teaching di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Micro Teaching merupakan satu satunya mata kuliah yang dilaksanakan secara bersinergi dengan melibatkan 8 dosen di empat kelas sebagai team teaching.
Harapannya kedepan adalah bahwa kegiatan seperti ini terus dilaksanakan sebagai sebuah kebutuhan yang membanggakan sambil terus melakukan evaluasi.

Telah diedit oleh Ai Sumirah Setiawati

0 Response to "Mengenal Posutaa Happyoo di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES"