DOSEN DAN MAHASISWA PBJ UNNES LOLOS LAGI SELEKSI KE JEPANG




Bersama seluruh peserta lolos seluruh Indonesia
Program Southeast Asian Teachers Training in Japan oleh The Japan Foundation telah kembali terlaksana sejak 10 Januari dan berakhir pada tanggal 24 Februari 2018. Setelah tahun sebelumnya Universitas Negeri Semarang berhasil lolos dengan perwakilan satu dosen dan satu mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Unnes. Tahun ini, Unnes juga kembali meraih prestasi di program tersebut dengan lolosnya dosen (Yuyun Rosliyah S. Pd.) dan mahasiswa (Jundi Nidaaul Fath, angkatan tahun 2014). Seperti tahun sebelumnya, awalnya seluruh peserta yang ada diharuskan untuk menulis esai dengan menggunakan bahasa Jepang untuk di seleksi oleh pihak The Japan Foundation.

Yuyun Rosliyah (Sensei) dan Jundi Nidaaul (Mahasiswa) 
Peserta yang lolos berhak mengikuti program selama kurang lebih 2 bulan di The Japan Foundation, Japanese Language Institute Kansai, Japan dengan dibiayai penuh oleh The Japan Foundation. Selama disana keduanya mengikuti banyak program yang telah dijadwalkan secara rinci, seperti pengenalan budaya, pidato, penelitian kecil lewat wawancara, kunjungan ke SD-SMP-SMA-Universitas di Jepang, Japanese website, home visit, Osaka-Kyoto-Nara Fieldwork dan lain lain. Semuanya terangkum penuh dalam 45 hari bersama dengan peserta terpilih dari seluruh Indonesia di The Japan Foundation Japanese Language Kansai Japan. Peserta terdiri dari 15 mahasiswa dan 15 dosen pendidikan bahasa dan sastra Jepang dari berbagai Universitas. Selama disana model pembelajaran yang didapat antara dosen dan mahasiswa tidak sama. Tetapi keduanya mendapatkan bobot kesempatan yang sama, hanya saja dipisah dalam hal kelas dan tim. Di beberapa kesempatan terkadang seluruh peserta juga di acak dalam tim yang acak antara dosen dan mahasiswa. Program ini terbilang sangat recommended bagi yang memutuskan untuk menjadi pendidik bahasa Jepang di masa yang akan datang.
Semoga dengan adanya program ini, banyak mahasiswa dan dosen bahasa Jepang yang termotivasi untuk semakin baik dalam meningktakan kualitas belajar mengajar bahasa dan sastra Jepang di Indonesia.

0 Response to "DOSEN DAN MAHASISWA PBJ UNNES LOLOS LAGI SELEKSI KE JEPANG"