UNNES KEMBALI BORONG 3 PIALA

deretan piala yang nampak bergengsi
Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang kembali borong 3 piala kejuaraan Japanese Speech Contest dalam ajang Benron Taikai yang ke-7 tingkat Jawa Tengah. Ajang bergengsi tahunan ini, juga merupakan rangkaian dalam Nihon Matsuri Unnes bekerjasama dengan The Japan Foundation dan seluruh dosen pendidikan bahasa jepang juga mahasiswa pendidikan bahasa jepang yang terbentuk dalam sebuah kepanitiaan besar. Sukses terselenggarakan 20 Mei 2017 di Ruang Bundar Gedung Dekanat Fakultas Bahasa dan Seni Unnes, acara tersebut sekaligus menutup serangkaian acara Nihon Matsuri 2017.
sambutan dari Syahrul Syah Sinaga Sensei

sambutan dari Silvia Nurhayati Sensei
            Menengok keberhasilan PBJ Unnes Benron Taikai setiap tahunnya, Bapak Drs. Syahrul Syah Sinaga M.Hum. selaku Wakil Dekan mengatakan dalam sambutannya bahwa beliau sangat mengapresiasi kegiatan bermanfaat ini setiap tahunnya sebagai kompetisi sehat antar mahasiswa se-Jateng. Kemudian disusul dengan sambutan Ibu Silvia Nurhayati S.Pd, M.Pd. (Sensei), “saya berharap partisipan bisa menampilkan penampilan yang terbaik, juga menghasilkan hasil yang terbaik pula”. Nampak wajah tegang dari deretan peserta yang mulai berganti dengan senyuman optimis setelahnya.

seluruh peserta bersama dewan juri


            Tahun ini jumlah peserta lolos Benron Taikai Unnes sejumlah 12 mahasiswa dari seluruh universitas se-Jateng dan beberapa LPK. Dewan juri yang bertugas adalah Igarashi Yuka Sensei (ahli bahasa jepang The Japan Foundation Jakarta), Shuichi Hori Sensei (ketua Nihonjinkai Jawa Tengah), Tatang Hariri Ph.D Sensei (Universitas Gajah Mada), dan Dedi Suryadi Ph.D (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). 


namapak suasana dewan juri yang sedang memperhatikan penampilan para peserta
pemberian kenang-kenangan kepada dewan juri
Siti Yuliani saat sesi "hitokoto" sebagai juara terpilih
            Setelah tahun sebelumnya Ita Yuliana (PBJ 2013) sempat meraih urutan pertama dan berhasil maju ke Benron Taikai Nasional yang di adakan di Jakarta, tahun ini salah satu teman seperjuangan Ita (Siti Yuliani/PBJ 2013) yang tahun lalu juga menjadi pemenang urutan ke-dua setelah Ita, akhirnya membuktikan bahwa perjuangannya selama ini mengikuti puluhan kontes pidato bahasa Jepang membuahkan hasil yang tak kalah membanggakan. Siti Yuliani berhasil meraih posisi juara pertama dan berhak maju ke tingkat Nasional seperti Ita Yuliana di tahun sebelumnya. Dengan judul pidato jibunrashiku sukina koto o yaru, Siti Yuliani berhasil mencuri hati dewan juri. Dengan penutup pidato yang tidak biasa, Siti Yuliani menyanyikan sedikit lagu buatan dirinya yang menggambarkan semangatnya selama ini menjadi mahasiswa yang haus prestasi secara langsung. (Jika ada yang masih ingat, boleh nyanyikan dengan lirik lagu Doraemon yaa ^^ )

「自分らしくなって、好きなのをやる、
 最後まで努力して頑張って、
 一緒に夢を叶えましょう!」

Berikut adalah daftar nama peserta juara :
Juara I Siti Yuliani (perwakilan Unnes 2013                  自分らしく好きなことをやる
Juara II Ayu Larasati (perwakilan Unnes 2013)           守るべき文化
Juara III Dyah Retno Arianti (perwakilan Unnes 2014) ライバル
Juara Harapan I Nico Bayu Wiliamtara Tara                  漢字の勉強を諦めないで 
Juara Harapan II M. Bilya Badawi Sapto Hadi              自信を持ってるように

 
para juara Benron Taikai Jawa Tengah ke-7
Selamat kepada para juara, semangat berkompetisi di banyak ajang yang mendukung diri semakin berprestasi, karena hasil hari ini adalah apa yang kita tanam untuk hasil yang akan datang di lain hari. Terima kasih kepada banyak pihak yang turut mendukung berjalannya acara mulai dari support media partner hingga hadiah pemenang, The Japan Foundation, Beautylabo, Zebra, すかsuki Japan, MNC Play, re:ON Comics dan yang lainnya. Sampai jumpa di Benron Taikai tahun depan. :)

0 Response to "UNNES KEMBALI BORONG 3 PIALA"