Kuburan Rayap: Fenomena Menarik dari Koyasan

Ai Sumirah Setiawati



Jika Anda pergi ke Jepang, terutama daerah Osaka, tidak ada ruginya Anda pergi ke daerah dataran tinggi yang bernama Koyasan. Koyasan (gunung Koya) termasuk ke dalam wilayah Wakayama yang menjadi pusat keagamaan Budha sejak 1200 tahun yang lalu.
Di daerah ini Anda akan menjumpai kuil Budha yang dibangun tahun 816 yang lalu. Selain kuil, di Koyasan ada suatu daerah bernama Okunoin yang merupakan daerah pekuburan kuno sepanjang 2 km di mana di sana kuburan Oda Nobunaga dan tokoh-tokoh sejarah tua Jepang lainnya berada.
Oda Nobunaga Bosho (kuburan)

Di Okunoin terdapat sekitar 200 ribu kuburan yang terletak di antara pohon-pohon besar dan menjulang tinggi. Anda bisa menyusuri pekuburan mulai dari pintu masuknya yaitu jembatan Ichinohashi, dari situ Anda bisa menyusuri rute ziarah dan di dalamnya Anda akan menemukan jembatan Naka no Hashi dan Gobyoonobashi. Mulai dari Gobyoonobashi Anda tidak diperkenankan mengambil gambar apapun yang ada di wilayah tersebut. 
Setelah rute pekburan kuno habis Anda akan menemui daerah pekuburan modern. Di situ ada berbagai macam komplek kuburan keluarga perusahaan besar sepertu Yakult, UCC, Sharp dan lain-lain.
Yang paling menarik di antara kuburan modern tersebut adalah kuburan shiro ari (rayap). Meskipun namanya kuburan rayap, bukan berarti rayap mati yang dikubur di situ. Menurut keterangan teman orang Jepang, kuburan rayap dibangun oleh perusahaan pembasmi serangga. Kuburan tersebut dibangun sebagai ungkapan rasa bersalah dari pihak perusahaan tersebut.

"Rayap. Tidur dengan tenang"
Di atas pegunungan Koya Anda bisa menikmati berbagai wisata religi terutama Budha karena di sana banyak terdapat kuil yang sudah tua. Anda bisa menginap di dalam kuil (shukubo), di sana Anda bisa menikmati hidangan vegetarian (shojin ryori) yang sangat enak dan pagi hari jam 6 Anda akan diajak mengikuti ritual ibadah Budha.
Untuk pergi ke sana Anda bisa memanfaatkan 2 day pass seharga 3.710 yen jika berangkat dari bandara Kansai. Dengan tiket reguler Anda hanya bisa naik kereta Nankai yang biasa (bukan rapid) jalur Koya. Tetapi tiket tersebut berlaku untuk pulang pergi semua kereta yang Anda naiki mulai dari bandara hingga ke stasiun Koya, cable car yang mengantar Anda ke puncak gunung Koya, dan bis yang mengantarkan Anda ke berbagai titik wisata di sana. Dari stasiun Koya Anda akan naik gunung terebut dengan menggunakan cable car miring yang mengasikkan. Selain itu, Anda bisa mendapatkan diskon pembelian suvenir di toko-toko yang tercantum di tiket.
Momiji di Koyasan

 
Cable car


Pemandangan dari Koyasan (Lantai 2 stasiun Koya)
Memutar kuil (ajaklah beberapa teman karena sangat berat)



0 Response to "Kuburan Rayap: Fenomena Menarik dari Koyasan"