Silaturahmi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang 2016


Silapro 2016



            Kamis, 8 September 2016 di ruang bundar gedung Dekanat FBS Unnes, Apresiasi Himpunan Dalam Mahasiswa (ASAHI) berhasil mengadakan Silaturahmi Program Studi (Silapro) Pendidikan Bahasa Jepang 2016. Senseigata, seluruh mahasiswa baru PBJ 2016, dan banyak mahasiswa lintas angkatan PBJ berkumpul untuk sharing dan mengenal lebih dekat tentang perjalanan pendidikan yang akan sama-sama ditempuh disini, di Universitas Negeri Semarang.

            Tepat pukul 13.00, acara tersebut dimulai dengan pembukaan dan beberapa sambutan dari ketua panitia (Rahmad Setiaji PBJ 2014), ketua Asahi (Shafrina Ully Z. PBJ 2014), pembina Asahi (Ibu Dwi Puji Asrini S.Pd., M.Pd.) dan koordinator prodi (Ibu Silvia Nurhayati S.Pd., M.Pd.) yang sekaligus membuka acara secara resmi. Silapro tahun ini bertema “日本語で世界へ” Nihongo de sekai e, dengan belajar bahasa jepang maka kita bisa mendunia. Diharapkan dengan adanya tema tersebut, mahasiswa baru bisa mulai memahami posisi nya sebagai seorang mahasiswa yang belajar dengan sepenuh hati di Pendidikan Bahasa Jepang Unnes. Akan ada tuntutan kegiatan belajar dan saling mendukung dalam belajar bahasa asing, karena dengan adanya lingkungan belajar yang hidup, proses pemahaman materi perkuliahan akan lebih mudah. Di kesempatan acara ini, seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang yang hadir dipertemukan dengan beberapa narasumber untuk bisa berbagi rasa seputar belajar bahasa jepang dan bagaimana  pembelajaran yang mutlak dilalui seluruh mahasiswa pbj ketika harus berhadapan dengan hari hari perkuliahan nantinya. Diantaranya adalah, Ibu Ai Sumirah Sumirah Setiawati S. Pd., M.Pd. (Sensei), Bapak Chevy Kusumah Wardhana, S.Pd., M.Pd. (Sensei), Mia Novianingsih (Mahasiswa PBJ angkatan 2012 lolos program Monbukagakusho 2015/2016), Gilang Auliya Prasetyo Widodo (Perwakilan mahasiswa yang mengikuti program Join Degree dengan Seifu Daigaku). Acara hiburan diisi meriah oleh Asahi Band dan Odori dari divisi Bunkashoukai Asahi, tari Hakume. 

 
Narasumber acara

Odori Hakume

Suasana penuh kebersamaan


            Setiap tahunnya pendidikan bahasa jepang Unnes menerima mahasiswa baru dengan latar belakang individu yang berbeda-beda dan tingkat kemampuan bahasa jepang yang berbeda pula. Tetapi setiap tahun pula, pembelajaran yang diberikan berusaha disesuaikan dengan kebutuhan yang sama rata untuk seluruh mahasiswanya. Tidak lupa yang tidak akan berubah dari mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang adalah, pribadi yang humble, aktif dan ceria. Semua itu terlihat saat sesi akhir foto bersama seluruh mahasiswa baru dengan mahasiswa dari angkatan lainnya. 
Sebagian kecil mahasiswa baru 2016
Sebagian kecil keluarga PBJ

            “Selesaikan studi dengan baik, silahkan aktif tidak hanya di kelas. Buat hidup minna-san  lebih berwarna, banyak sekali wadah yang bisa menampung bakat dan minat mahasiswa, silahkan berlomba dalam hal yang bermanfaat dengan menaati norma yang ada.” Kurang lebih itulah pesan dari Ibu Silvia Nurhayati selaku koordinator prodi Pendidikan Bahasa Jepang tahun ini.
           

0 Response to "Silaturahmi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang 2016"