Kuliah Umum (Dosen Tamu dari Universitas Hiroshima)

Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang



Hari Senin, 26 Oktober 2015 di ruang bundar dekanat Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, Prodi Pendidikan Bahasa Jepang kedatangan tamu dari Hiroshima University. Bersama dengan Fujikawa Yoshinori, Ph.D (Japan Culture And Technology In Globalized World)  dan Tuswadi, Ph.D (International Of Unnes Generation), para peserta kuliah umum disuguhkan  dengan materi yang sangat berharga mengenai negeri sakura.
Sebagai first speaker, Fujikawa (Sensei) memberikan materi yang segar dan mudah difahami dengan menggunakan bahasa jepang. Beliau banyak menceritakan tentang bagaimana keadaan Negara jepang dan bagaimana kegiatan sosial, pendidikan, kebudayaan disana. Beliau bahkan menampilkan beberapa demo video cara memainkan salah satu mainan tradisional di jepang. Juga mengajak mahasiswa untuk bermain dengan kuis kecerdasan yang telah beliau persiapkan. Sangat menyenangkan sekali.
Selanjutnya yaitu persembahan yang tak kalah ditunggu dari second speaker, Tuswadi (Sensei) yang sudah mendalami pekerjaannya seperti seorang konselor untuk para mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa dalam melanjutkan pendidikan ke jepang. Beliau mengatakan bahwa, walaupun beliau sudah sangat lama menetap di Jepang dengan darah keturunan orang Indonesia, beliau tidak akan lupa dengan cita-cita bangsa asal sendiri yaitu dibagian mencerdaskan bangsa.  Beliau berjanji akan membantu orang-orang terdidik di Indonesia untuk bisa seperti dirinya, yaitu bisa meraih pendidikan di Jepang. Kenapa harus di Jepang?. Beliau mengatakan bahwa Jepang merupakan salah satu Negara dengan teknologi yang siap dibanggakan untuk sistem pendidikan di seluruh dunia. Seperti yang kita ketahui bahwa, jepang memang sangat unggul nyaris di semua bidang kehidupan. Maka sebagai seseorang yang mengaku sebagai pemerhati pendidikan di Unnes, beliau dengan senang hati akan melayani dan membantu sebaik mungkin siapapun/terutama mahasiswa pendidikan bahasa jepang Unnes yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke negeri sakura.

Saat ini, program studi pendidikan bahasa Jepang Unnes sudah banyak sekali menjalin hubungan baik dengan beberapa Universitas di Jepang. Hal tersebut membuktikan bahwa para pendidik bahasa jepang di Unnes telah melakukan persembahan yang terbaik untuk para mahasiswanya. Dengan begitu, pendidikan yang selama ini dijalankan tidak akan monoton setiap tahunnya./hibariohara/

0 Response to "Kuliah Umum (Dosen Tamu dari Universitas Hiroshima)"