KUNJUNGAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA



Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes - UMY


            Kamis, 25 Februari 2016, tepat pukul 09.00, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sampai di gedung B6 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. 

            “Senangnyaa,..
Hari ini, Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes kedatangan tamu dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UMY…”

Kurang lebih begitulah sederet kalimat yang terucap di dalam hati. Ada sekitar 125 mahasiswa dan 5 dosen dari Prodi PBJ (Pendidikan Bahasa Jepang) UMY. Rasanya menyenangkan sekali bisa menyambut saudara seperjuangan dalam menuntut ilmu bahasa Jepang. Sebelum acara benar-benar dimulai, ASAHI (Apresiasi Mahasiswa dalam Himpunan) Band pendidikan bahasa jepang Unnes mempersembahkan dua buah lagu jepang juga persembahan Tari Semarangan dari 3 orang mahasiswi PBJ Unnes angkatan 2014 (Gilang Aldilla, Irma Anggun, dan Dwi Vivi Elvandari). Setelah itu dilanjut pembukaan oleh MC (Fhiyan Arrisman-PBJ 2013 dan Jundi Nidaaul F-PBJ 2014), kemudian sambutan dari Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Asing (Ibu Sri Rejeki Urip), selanjutnya oleh  Koordinator Prodi PBJ Unnes (Silvia Nurhayati Sensei), dan oleh Kaprodi PBJ UMY (Sonda Sanjaya Sensei). Sambutan tersebut sekaligus menyambung presentasi dari tiap program studi kedua universitas. Setelah sudah saling mengenal bentuk pengajaran bahasa jepang di masing-masing universitas, seluruh peserta diberikan hak untuk bertanya. Kesimpulan dari presentasi keduanya adalah sama, yaitu ingin mencetak pengajar atau ahli bahasa jepang berkompeten yang mampu bersaing dengan zaman.
Sambutan
 
Kaprodi PBJ Unnes (Silvia Nurhayati Sensei) dengan Kaprodi PBJ UMY (Sonda Sanjaya Sensei)

Asahi dan Nikigakka

Jalan-jalan keliling FBS

Masing-masing dari pihak himpunan mahasiswa PBJ Unnes (ASAHI) dan PBJ UMY (NIKIGAKKA) juga saling mempresentasikan tentang himpunan masing-masing. Keduanya berharap bisa bekerja sama dalam hal pencapaian prestasi akademik dan organisasi, suatu saat nanti. Selanjutnya adalah acara hiburan, PBJ Unnes menampilkan Tari Yosakoi dengan lihai dan semangat. Sedangkan saat itu, dari pihak UMY mempersembahkan tari modern yang sangat mengejutkan. Persembahan dari mereka benar-benar memukau dan mampu memecah teriakan kagum seisi gedung B6.
Di penghujung acara, ada persembahan spesial dari Ketua Asahi 2016 (Shafrina Ully-PBJ 2014) dan beberapa anggota Asahi lain, yaitu sebuah lagu dari Motohiro Hata-Himawari No Yakusoku. Lagu tersebut seolah-olah mewakili perasaan seluruh peserta, mengingat saat itu sudah sampai di acara terakhir bersama dengan kawan-kawan PBJ UMY. Kemudian setelah penutupan oleh MC dan sesi foto bersama, para pengurus Asahi mengajak 130 mahasiswa PBJ UMY berkeliling sekitar Fakultas Bahasa dan Seni. Tentu saja, jika di ingat-ingat banyak tingkah kocak yang membuat rindu.
 
Potret sekilas acara

0 Response to "KUNJUNGAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA"