Hanami di Unnes

Oleh: Hibari Ohara

楽しかった です。Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2014, 18 April 2015 sukses menikmati keceriaan penuh dalam acara Hanami (di Jepang, biasanya berupa kegiatan melihat bunga sakura dengan teman maupun sanak saudara di tanah lapang) di ruang bundar dekanat Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Bersama dengan Shimazu Aki (Sensei), Miyake  Naoko (Sensei) dan Nakamura Iyoko (Sensei). Seluruh mahasiswa nampak antusias dan memanfaatkan setiap menitnya untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain menggunakan bahasa Jepang. Acara ini hanya dikhususkan untuk mahasiswa angkatan 2014 saja, karena bertujuan untuk menjalin keakraban antara angkatan tersebut dengan dosen dari Jepang.


            Di awal acara, muncul persembahan tari modern dari mahasiswa, dan selanjutnya disambung dengan permainan yang dipandu oleh para Sensei. Sungguh, seluruh mahasiswa merasakan atmosfer keluarga selama permainan berlangsung. Disana mereka mampu bekerjasama dan belajar meng-aplikasikan pelajaran bahasa Jepang yang telah mereka pelajari selama kuliah. Telah dipilih juga tiga pemenang utama selama permainan berlangsung. Mereka para pemenangpun meraih kemenangan yang mengharukan, karena Sensei telah menyiapkan hadiah langsung dari Jepang.^^




Acara ini juga semakin dirasa istimewa ketika para Sensei ternyata telah menyiapkan oleh-oleh cemilan dan teh (sakuracha-桜茶) dari Jepang. 
Saat jam santai tiba, acara ini semakin meriah saja dengan adanya persembahan penampilan band dari para mahasiswa. Telah disediakan pula mainan dari Jepang oleh Sensei yang baru pertama kali seluruh mahasiswa mengenal cara memainkannya. Puncak acara ini diisi dengan menuliskan harapan masing-masing dikertas yang nantinya di gantung di pohon harapan yang telah mahasiswa persiapkan. Setelah itu bersama dengan para Sensei seluruh mahasiswa juga menyanyikan lagu Yui-Tokyo dengan penuh penghayatan karena sadar bahwa sebentar lagi kebersamaan mereka bersama para Sensei dalam acara ini akan berakhir. Dan yang tidak kalah serunya adalah saat mengabadikan moment acara ini antara seluruh mahasiswa bersama Sensei dengan pemandangan yang memecah tawa seluruh ruangan, karena berbagai ekspresi bahagia berusaha ditunjukkan untuk mendapatkan hasil dokumentasi yang dirasa akan menyenangkan untuk dikenang.



Belajar bahasa Jepang terasa lebih menyenangkan ketika kita mampu mengenal kebersamaan dan arti saling memberi semangat dengan teman-teman lain. Sampai saat ini, Prodi Pendidikan Bahasa Jepang (PBJ) di kenal sebagai prodi yang paling solid dan ramai keceriaan. Dan memang benar adanya, karena semua nampak berusaha menjaga komunikasi baik antar mahasiswa dengan para dosen, atau adik angkatan dengan kakak angkatan, bahkan antar mahasiswa dalam dan luar prodi.

1 Response to "Hanami di Unnes"