Bincang Singkat dengan Meta Gesti Rahayu, Penerima Beasiswa Short Term Program dari Japan Foundation

Ohayou... Minna san ^^V

Sudah lama ya web PBJ UNNES tidak update berita, nah sekarang ada kiriman hasil wawancara singkat dengan Meta Gesti Rahayu, Mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang angkatan 2011. Meta panggilan akrabnya akan berangkat ke Jepang bersama salah satu dosen PBJ yaitu Silvi Sensei dalam rangka Short-Term Program for Foreign Teachers of Japanese Language yang dibiayai oleh Japan Foundation.


Wawancara singkat dalam artikel ini dilakukan oleh Dinni Citra yang juga mahasiswi PBJ 2011. Berikut petikan wawancaranya :)

Dinni : Hallo mba Meta, denger2x mau ke Jepang ya? bisa ceritakan sedikit dalam rangka apa ?
Meta : Iya, ke Jepang Inshaa Allah dalam rangka program Kenshuu/Training calon guru bahasa Jepang se-Asia Tenggara selama 1,5 bulan.

Dinni: wah selamat yaa.. bisa ceritakan tentang program tersebut? dan kok bisa dapet beasiswa itu?
Meta : Program tersebut diadakan oleh Japan Foundation bagi mahasiswa bahasa Jepang yang ingin menjadi Guru. Awalnya kita disuruh membuat essay tentang motivasi kita untuk menjadi seorang guru bahasa Jepang. Guru yang bagaimana, rencana apa yang akan dilakukan untuk memotivasi belajar siswa nantinya, menuliskan apa yang ingin kita cari di Jepang ketika diterima program ini. Setelah itu essay kita dinilai dan yang lolos akan di wawancara. Alhamdulillah saya lulus.

Dinni: Ke Jepang sendirian ga takut? sudah siapin apa aja nih?
Meta : Alhamdulillah tahun ini ke Jepang ga sendirian mba, karena ada 1 dosen PBJ yaitu Silvi Sensei yang juga akan berangkat ke Jepang dalam program dari Japan Foundation juga.

Dinni: wah beruntung sekali, nanti di Jepangnya tinggal di daerah mana ya? sudah ada informasi?
Meta : Inshaa Allah di daerah Osaka, tepatnya di Kansai International Japanese Language Center, Osaka hehe.

Dinni: Ada tips ga nih mba buat teman-teman supaya bisa dapet beasiswa seperti mba Meta?
Meta : wah, hahah.. karena saya jg belum berangkat, jadi tipsnya seadanya aja sih. Intinya nikmati waktu kuliah, kalau ada kesempatan beasiswa atuapun lomba-lomba ikuti saja. Kalau belum rezekinya ya biarkan saja, yang penting terus mencoba. Dan yang paling penting selalu berdoa kepada Allah SWT, supaya kita diberikan jalan terbaik.. Inshaa Allah.

Dinni: Terima kasih atas waktunya ya Meta, semoga sukses disana, dan semoga hal menjadi motivasi bagi yang lain.
Meta : sama sama... semoga ke depannya mahasiswa/i PBJ makin eksis dengan prestasi. doakan saya yaa... :)


Itulah tadi kutipan wawancara singkat dengan Meta Gesti Rahayu, mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES yang akan segera berangkat ke Osaka, Jepang dalam rangka Teacher Training Program dari Japan Foundation. Pada tahun-tahun sebelumnya mahasiswa/i PBJ UNNES juga sering mendapatkan beasiswa dari Japan Foundation, namun berbeda nama program.
Seperti mba Dyah Asih Pramawita 2008 yang sekarang sudah lulus dan sedang kuliah melalui beasiswa Monbukagakusho D3 di Jepang, lalu Muhammad Fadly 2009 yang juga telah lulus dan bekerja di Perusahaan Jepang di Semarang, dan juga Anang Heri Wibowo 2010.

Selain beasiswa kepada mahasiswa, Japan Foundation juga menyediakan beasiswa dalam bentuk short training dalam beragam program yang diberikan untuk dosen/staff pengajar baik yang diajukan secara organisasi ataupun individu. Seperti Teacher Training Program, dan Japanese Language for Specialist (Researcher). Selain program-program beasiswa dan penunjang pendidikan bahasa Jepang lainnya, JF juga menyediakan 2 orang native Japan di prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES.




 Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang

0 Response to "Bincang Singkat dengan Meta Gesti Rahayu, Penerima Beasiswa Short Term Program dari Japan Foundation"