Kontingen UNNES Meraih juara 1 Shokyu "Kanji Cup ke-12"

Kontingen Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang meraih juara 1 Shokyu pada Kanji Cup ke-12. Pada tahun  ini Kanji Cup diadakan di Universitas 17 Agustus Surabaya. Kanji Cup adalah kompetisi untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan kanji bagi pembelajar  Bahasa Jepang.  Indonesia memang bukan  Negara yang menggunkan kanji, tapi Indonesia adalah Negara yang mempunyai pembelajar bahasa jepang  terbanyak di dunia yaitu nomer ke 2 setelah Cina. Acara ini bertujuan untuk membuat pelajar bahasa jepang lebih tertarik dengan kanji dan meningkatakan motivasi pelajaran kanji. .Kanji Cup diadakan setahun sekali oleh  Konsulat Jenderal Jepang dan untuk tahun ini sudah yang ke 12.  

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang setiap tahun selalu berpartisipasi dalam Kanji Cup yang diadakan oleh Japan Foundation dan bertaraf Nasional. Prestasi PBJ UNNES sebelumnya adalah juara 2 Shokyuu atas nama Kholik Setiawan pada Kanji Cup ke-10. Sebelum mengikuti kanji cup yang diadakan oleh  Konsulat Jenderal Jepang , mahasiswa yang ingin ikut kanji Cup diseleksi secara internal terlebih dahulu. Setelah mereka dinyatakan lolos, mereka akan mengikuti benkyoukai (belajar bersama) untuk mempersiapkan lomba Kanji Cup. Dosen pembimbing Kanji Cup tahun ini adalah Dwi Puspito sensei dan Aki Shimazu sensei.  Untuk tahun ini PBJ UNNES mengirim 22 mahasiswa yang dibagi menjadi 2 yaitu  tingkat chukyuu ada  6 mahasiswa  dan tingkat shokyuu ada 16 mahasiswa.  


Kontingen PBJ UNNES pada Kanji Cup-12


Pada tanggal 1 maret 2014 mahasiswa dari UNNES berkompetisi di Kanji Cup. Acara ini dibuka dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh pihak Konsulat Jenderal Jepang. Selanjutnya lomba Kanji cup tingkat chukyuu. Dari UNNES punya 3 tim yang satu timnya terdiri dari 2 orang. Peserta Kanji Cup naik ke panggung secara bergiliran. Di atas panggung ada 4 tim yang ada bersaing. Setiap tim diawasi juri yaitu orang jepang. Soalnyapun berbeda beda, ada yang menulis cara baca kanji, menulis kanji, menebak kanji yang kosong dan menggabungkan beberapa kanji. Dan yang masuk semi final dari UNNES ada 1 tim yaitu Teguh dan Fitri. Setelah seleksi sampai final, acara selanjutnya yaitu lomba tingkat shokyuu. Untuk tingkat shokyuu bersifat individu tidak berbentuk tim seperti chukyuu. Soalnya dibacakan oleh pembawa acara. Soal Cuma dibacakan sekali, jadi peserta harus teliti dan mengingat soalnya. Setelah itu peserta harus memilih antara maru(benar) dan batsu(salah). 
Ada juga soal yang harus memilih jawabanya dengan memilih nomer 1 sampai 4. Jika peserta menjawabnya salah maka peseta itu gugur tidak boleh ikut lomba lagi. Dari 16 mahasiswa UNNES yang masuk final ada 2 orang yaitu Bela dan Ari. Peserta yang lolos sampai final akan bersaing lagi di atas panggung seperti tingkat chukyuu. Setiap peserta di sampingnya ada juri yaitu orang jepang. Soal nya pun lumayan susah yaitu menulis kanji sebanyak banyaknya dengan bushuu yang ditentukan dan menulis kanji sebanyak banyknya yang jumlah coretanya sama. Antar peserta kejar kejaran poin, satu sama lain beda tipis. Tapi akhirnya Bela mahasiswa unnes menjadi juara 1 karena mempunyai poin tertinggi. “rasanya gak nyangka tapi bahagia juga bisa membawa nama Pendidikan Bahasa Jepang UNNES jadi juara. Saya cuma menargetkanmasuk final saja tapi ternyata Allah memberikan hasil yang lebih” ujar Bela. Setelah tingkat shokyu selesai dilanjutkan dengan seleksi semi final tingkat chukyuu. Dari UNNES ada 1 tim masuk semifinal yaitu Teguh Pulasara dan Fitri tapi mereka gagal masuk final, namun telah memberikan usaha yang terbaik karena memang lawannya adalah juara bertahan dan Juara Umum yaitu dari Universitas Brawijaya Malang. 

Perjuangan meraih Juara pada Kanji Cup ke 12 ini penuh dengan perjuangan. Target kami adalah berusaha melakukan yang terbaik yang kami bisa, sambil berdoa agar hasil yang dicapai dapat lebih baik dari pendahulu-pendahulu kami. Apapun hasilnya, atmosfir kompetisi yang kami rasakan akan menjadi motivasi kami untuk berbuat lebih baik di kesempatan yang akan datang...
Tunggu Kami di Kanji Cup 13.. ^^V

Perjuangan Menerabas Hujan di Surabaya yang (Panas)
[Artikel Oleh : Alfian Alfa]


0 Response to "Kontingen UNNES Meraih juara 1 Shokyu "Kanji Cup ke-12""