Monumen Perdamaian Hiroshima 広島平和記念公園

Taman Monumen Perdamaian Hiroshima (広島平和記念公園 Hiroshima heiwa kinen kōen) adalah sebuah taman peringatan yang terletak di Hiroshima Jepang. Taman ini didedikasikan untuk kota Hiroshima yang menjadi kota pertama di dunia yang dihancurkan oleh bom nuklir dan juga untuk mengenang jasad warga yang menjadi korbannya. Kemungkinan ketika itu ada sekitar 140.000 jiwa yang meninggal dunia.


Taman ini berdiri di daerah yang padat dengan bangunan komersial dan perumahan. Taman ini didirikan di lapangan terbuka yang tercipta akbiat ledakan nuklir. Di taman ini terdapat beberapa monumen, museum, dan tempat kuliah yang dapat menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya. 



Simbol-simbol penting yang ada di taman

Kubah A-Bomb (原爆ドーム Genbaku Dōmu)
Kubah Genbaku dan jembatan yang ada disebrangnya ini merupakan satu-satunya bangunan yang masih bertahan ketika bom nuklir melanda Hiroshima. Kubah Genbaku ini pada awalnya bernama Hiroshima Prefectural Assembly. Gedung ini didirikan pada tahun 1914 dan selesai pada tahun 1933 oleh seorang arsitek Ceko, Jan Letzel dan berganti nama menjadi Hiroshima Commercial Exhibition Hall. Gedung ini dibangun untuk mendorong perindustrian di kota Hiroshima.


Beberapa tahun setelah pemboman tersebut, pemerintah setempat berencana untuk menghancurkan gedung ini. Tetapi rencana ini tertunda karena melihat struktur gedung yang masih utuh. Kota Hiroshima pun mulai dibangun ulang. Ada warga setempat yang menginginkan gedung ini untuk dirubuhkan, sementara yang lain ingin melestarikannya sebagai monumen.




Akhirnya pada tahun 1966, pemerintah Hiroshima memutuskan untuk mempertahankan struktur bangunan dan mengganti namanya dengan Genbaku Domu. Kubah ini pun didaftarkan ke UNSESCO sebagai salah satu warisan dunia. Dan pada tahun 2011, kubah ini sudah mengalami 2 kali peremajaan bangunan.










Monumen Perdamaian Anak
Monumen perdamaian anak ini didedikasikan untuk anak-anak yang meninggal dunia ketika serangan bom nuklir oleh Amerika.Monumen ini dirancang oleh  seniman Kazuo Kikuchi dan Kiyoshi Ikebe. Monumen ini dibangun dengan menggunakan uang yang berasal dari penggalangan dana oleh anak-anak sekolah di Jepang.


Di atas monumen ini terdapat patung seorang anak perempuan yang sedang memegang lipatan kertas (origami) berbentuk bangau. Anak perempuan itu bernama Sadako Sasaki Sadako Sasaki (佐々木禎子 Sasaki Sadako) yang meninggal akibat radiasi nuklir. Sadako percaya jika ia berhasil membuat 1000 origami bangau maka ia akan sembuh (Tradisi kuno Jepang yang percaya permintaannya akan dikabulkan jika membuat 100 lipatan bangau). Pada akhir bulan Agustus 1955, Sadako telah berhasil melakukannya. Akan tetapi ia meninggal akibat leukemia pada bulan Oktober di tahun yang sama.


Hingga kini banyak lipatan-lipatan bangau dikirimkan kemari oleh anak-anak dari seluruh dunia. Dibawah struktur utama terdapat bangau perunggu yang bekerja sebagai lonceng angin. Di dasar monumen terdapat lempengan marmer hitam yang ditulis dalam bahasa Jepang:

これはぼくらの叫びです これは私たちの祈りです 世界に平和をきずくための
Kore wa bokura no sakebi desu. Kore wa watashitachi no inori desu. Sekai ni heiwa o kizuku tame no.
Ini adalah tangisan kami, ini adalah doa kita, untuk membangun perdamaian dunia.


Rest House
Rumah peristirahatan ini dulunya merupakan sebuah toko kimono Taishoya  pada tahun 1929. Toko kimono ini kemudian digunakan sebagai stasiun distribusi bahan bakar karena ketika itu terjadi kelangkaan bahan bakar mulai tahun Juni 1944. Pada 6 Agustus 1945 ketika bom dijatuhkan, seluruh gedung hancur dan menyisakan ruang bawah tanahnya. Akhirnya 36 orang di dalam gedung meninggal, menyisakan seorang pria bernama Eizo Nomura (47 tahun) yang sedang berada di basement. Atap basement yang terbuat dari beton membuat radiasi sulit untuk menembusnya. Eizo pun dapat bertahan hidup hingga usianya 80 tahun. Kini gedung ini digunakan sebagai tempat istirahat bagi para pengunjung untuk membeli cemilan dan minuman.




Monument of The Hiroshima District Lumber Control Corporation
Monumen ini didirikan untuk mengenang para pekerja yang meninggal dalam tugasnya pada saat bom jatuh



Upacara

Upacara Peringatan Perdamaian Hiroshima
Setiap tahun pada tanggal 6 Agustus diadakan upacara ini untuk menghibur keluarga korban bom atom dan berdoa untuk terwujudnya perdamaian dunia yang abadi. Upacara ini diadakan pada pagi hari jam 08.00 di depan monumen tugu peringatan untuk orang yang mati (Memorial Cenotaph) yang dilakukan oleh banyak warga termasuk keluarga yang menjadi korban pemboman. Pada upacara ini dilakukan mengeningkan cipta untuk memperingati warga yang meninggal. Upacara ini dipimpin oleh walikota Hiroshima.



Tepat pada jam 08.15 AM (jam yang sama ketika bom dijatuhkan) dibunyikan bel dan sirine diseluruh kota dan ketika itu seluruh warga berhenti dari aktivitasnya dan berdoa untuk para warga korban pemboman. Sesudah itu ratusan burung merpati dilepaskan sebagai tanda perdamaian.





Upacara Lentera
Di sore harinya di waktu yang sama dengan upacara peringatan perdamaian Hiroshima, diadakan upacara lentera ini. Para warga akan melepaskan lentera di sungai sebagai tanda mengirimkan roh para korban pemboman sebagai tanda perdamaian.




Museum

Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima
Museum ini adalah museum utama di taman yang didedikasikan untuk memberikan pendidikan tentang peristiwa pemboman Hiroshima. Pada museum ini diberikan informasi keadaan Hiroshima ketika perang dunia II, keadaan sebelum dan sesudah bom dijatuhkan dan upaya-upaya yang dilakukan untuk membangun ulang Hiroshima. Di museum ini juga dipajang barang-barang yang masih tersisa dari para korban pemboman


 Jam tangan dari korban pemboman yang sudah rusak

Sebuah miniatur yang menggambarkan kondisi Hiroshima sebelum bom dijatuhkan



Gedung Pertemuan Internasional Hiroshima
Gedung pertemuan ini terletak disebelah barat museum. Gedung ini sering digunakan untuk mengadakan even-even internasional



Aula Peringatan Perdamaian Nasional Hiroshima
Aula Peringatan Perdamaian Nasional Hiroshima ini didedikasikan untuk mengenang para korban bom atom Hiroshima. Museum ini didirikan oleh pemerintahan Jepang. Ini juga sebuah ekspresi dari pemerintahan Jepang untuk menciptakan perdamaian abadi. Di atap aula ini (dekat pintu masuk) terdapat display jam yang berhenti puluk 08.15 tepat ketika bom dijatuhkan. Area ini berisi ruang untuk seminar, perpustakaan, museum dan area informasi korban.



Dinding yang memajang foto korban pemboman dengan jumlah foto 12.392 orang

Area yang paling disukai adalah area The Hall of Remembrance dimana berisikan panorama 360 derajat dari kota Hiroshima yang hancur yang terbuat dari ubin yang berjumlah 140.000 (sesuai dengan perkiraan korban pemboman)


Bak atau kolam yang ada ditengah ruangan berisikan air untuk roh jiwa para korban pemboman yang ketika itu kesulitan mendapatkan air bersih


Monumen

Tugu Peringatan Bagi Orang yang Meninggal / Memorial Cenotaph
Di dekat pusat taman terdapat monumen yang berbentuk seperti sadel yang ditulis disana nama-nama orang yang meninggal ketika pemboman. Bentuk lengkungannya merupakan simbol tempat tinggalnya jiwa-jiwa para korbanAda batu nisan disana yang bertulis:

安らかに眠って下さい 過ちは 繰返しませぬから
Rest in peace, karena kesalahan tidak akan terulang



Api Perdamaian
Api perdamaian adalah monumen lainnya untuk mengenang korban pemboman Hiroshima. Monumen ini memiliki arti tambahan dimana api pada monumen ini akan terus menyala sejak 1964 hingga akan tetap menyala hingga seluruh bom nuklir di planet ini dihancurkan dan planet ini bebas dari ancaman bom nuklir.



Gerbang Perdamaian
Gerbang perdamaian ini adalah monumen yang baru dibuat di taman ini. Terdiri dari enam gerbang dengan tulisan "damai" dalam 49 bahasa yang berbeda di gerbangnya. Tinggi gerbang ini sekitar 5 meter dengan lebar 2 meter.





Monumen-monumen lainnya

Lonceng Perdamaian




Menara Peringatan untuk Pelajar

Patung Ibu & Anak dan Air Mancur Doa

Kolam Perdamaian

Anak Bukit Peringatan Bom Atom

 Tower Jam Perdamaian

 Monumen Batu Nisan Bom Nuklir

Monumen Jembatan Tua Aioi

 Monumen Pohon Phoenix

Monumen Rambut

Tanda Batu Nol Mil

Monumen Pohon Linden

 Batu Lentera Perdamaian 

Piramida Perdamaian

Monumen Pertemanan

 Monumen Doa Untuk Perdamaian

Monumen Perdamaian

 Monumen Doa Haiku Untuk Perdamaian

 Monumen Hiroshima Untuk Korban Pemboman

Jam Penjaga Perdamaian (memperlihatkan jumlah hari sejak pemboman)

Patung Perdamaian "Daun Baru"

 Patung Ibu Penyayang

 Patung Pendoa Untuk Perdamaian

Figur Dewa Penyayang Perdamaian (Kanon)

Monumen Peringatan Sekolah Menengah

Monumen Peringatan Kota Komersial Dan Sekolah Industri Pembangunan Kapal

Monumen Guru Dan Murid Sekolah Dasar Korban Pemboman

Monumen Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA)

Monumen didedikasikan untuk Sankichi Toge (pengusaha batu bata terkenal di Hiroshima)

 Monumen Untuk Tamiki Hara (warga yang selamat dari pemboman)

Monumen Untuk Mengenang Miekichi Suzuki

Monumen Untuk Mengenang Dr. Marcel Junod

Monumen Untuk Mengenang Bekas Area Utara Tenjin-cho

Monumen Untuk Mengenang Bekas Area Selatan Tenjin-cho

Monumen Mantan Zaimoku-cho

Menara Peringatan Untuk Korban Terkait Bom Atom

 Monumen Peringatan Untuk Korban Warga Korea

 Monumen Zensonpo (Korban Seirikat Kerja Asuransi Jepang)

 Monumen Peringatan Kesatuan Prajuit Sukarela

 Monumen Untuk Semua Korban di Kantor  Chūgoku-Shikoku 

Monumen Peringatan Korban Asosiasi Pertanian

 Monumen Norman Cousins

 Monumen Yang Didedikasikan Untuk Pekerja Konstruksi dan Perajin

 Monumen Untuk Mengenang Pekerja di Perusahaan Batu Bara

 Monumen Perusahaan Gas Hiroshima

 Monumen Untuk Mengenang Pekerja Tukang Pos Hiroshima


Festival

Festival Bunga Hiroshima (ひろしまフラワーフェスティバル)
Festival ini sudah diadakan sejak tahun 1977 selama minggu emas dari tanggal 3 - 5 Mei. Lebih dari satu juta orang berpartisipasi di festival ini setiap tahunnya. Di dalam festival ini selain ditampilkan berbagai macam bunga, juga menampilkan panggung hiburan, toko-toko, kebun binatang kecil, dan atraksi hiburan lainnya. Warga asli Jepang juga turut serta dalam sebuah parade dan menari tarian Yosakoi. Setiap festival akan dinyanyikan lagu tema festival oleh seorang 'penyanyi bunga' / flower singer.

logo

tumpukan bunga

parade







Festival Hiroshima Dreamination (ひろしまドリミネーション)
Festival ini dilakukan pada musim dingin sejak tahun 2002.  Dreamination merupakang gabungan 2 kata yaitu dream dan illumination (mimpi dan cahaya). Festival ini diselenggarakan oleh komite eksekutif penerangan Hiroshima dan disponsori oleh semua lembaga penyiaran di Hiroshima.

sumber : halojepang.blogspot.com

1 Response to "Monumen Perdamaian Hiroshima 広島平和記念公園"

  1. Jepang adalah salah satu negara yang mesti kita tiru, angka kriminal kecil, budaya malu di jepang sangat tinggi sehingga orang yang gagal dalam pemerintah akan mengundurkan diri, korupsi di Jepang hampir tidak kedengaran. Barang produksi Jepang merajai di dunia ini yang mutunya setara standar internasianal, jadi tidak heranproduk Jepang adalah salah satu pihan diantara sekian pilihan

    ReplyDelete