Japanese Speech Contest Regional Jateng dan D.I Yogyakarta

Novela Purwitojati (PBJ 2010) berhasil meraih juara ke-2 dan menyisihkan 16 peserta lomba lainnya pada ajang speech contest yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada hari Sabtu 24 Agustus 2013. Lomba ini merupakan penyisihan lomba pidato yang diselenggarakan oleh PT Okatos Hero Mandiri.
Novela mengantongi juara ke-2 dengan judul pidato yaitu  母に桜を持ってくる (Membawakan Bunga Sakura untuk Ibu). Juara ke-1 dan ke-3 babak penyisihan ini dimenangkan oleh peserta dari UGM dengan judul pidato 日本史に興味のある理由 (Alasan Saya Mengapa Tertarik pada Sejarah) dan 日本語を始めたきっかけと私の夢 (Impian Saya dan Awal Mula Saya Belajar Bahasa Jepang).

Para juara menyampaikan isi pidatonya dengan suara yang lantang serta artikulasi yang jelas. Selain itu, mereka juga lancar saat menjawab pertanyaan dari juri usai menyampaikan isi pidato.

Ajang yang bertemakan "Impian ke Jepang" untuk tema speech contest tingkat universitas dan tema "Pengalaman Pribadi" untuk kategori tingkat SMA, diikuti cukup banyak peserta. Kategori mahasiswa dan umum, diikuti oleh 17 peserta yaitu 4 peserta dari Unnes, 6 peserta dari UGM, 1 peserta dari UMY, dan 6 lainnya berasal dari UTY. Pihak sponsor acara ini memberi kesempatan kepada para peserta lomba pidato yang berhasil meraih juara 1, 2 dan 3 pada masing-masing kategori, untuk melanjutkan perjuangan mereka di babak final yang akan diselenggarakan pada 22 September 2013 di Balai Kartini Jakarta. Selain lomba pidato event ini akan diisi dengan acara bergengsi lainnya, seperti JAPAN, OSAKA STUDY ABROAD &  JOB FAIR 2013, Seminar Umum, Takoyaki Battle, serta masih banyak acara lainnya yang pasti akan menambah wawasan kita tentang pembelajaran bahasa Jepang, terutama di belahan Jepang bagian Osaka.

Selain lomba pidato, panitia lomba juga mengadakan lomba Kana dan Manga khusus untuk tingkat SMA/SMK.
Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes sangat bangga dengan prestasi Novela. Selamat berjuang pada lomba pidato tahap final di Jakarta semoga bisa lolos dan mendapatkan hadiah tour ke Jepang.



Dokumentasi


Reportase dari : Dwi Puspitosari

Edited by: Ai Sumirah Setiawati

Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang

0 Response to "Japanese Speech Contest Regional Jateng dan D.I Yogyakarta"