Yukata, Pakaian Tradisional Jepang

Yukata [浴衣] merupakan pakaian tradisional Jepang, yang merupakan pakian kasual dari kimono untuk musim panas yang biasanya terbuat dari katun. Masyarakat Jepang biasanya menggunakan Yukata di Jepang untuk menyaksikan kembang api, mengikuti festival bon-odori dan festival lainnya di musim panas. Yukata juga sering digunakan sebagai pakian setelah mandi di pemandian umum di Jepang atau di onsen. Kanji dari Yukata [浴衣ゆかた] sendiri berarti pakaian mandi. 
Seperti pakaian tradisional lainnya di Jepang, yukata dibuat dengan jahitan lengan lurus dan melebar. Tidak seperti kimono formal yang terbuat dari sutra, yukata biasanya terbuat dari katun atau kain sintesis dan tidak bergaris.



Secara tradisional warna yukata dibuat dari kain katun yang dicelup dengan warna-warna sederhana tetapi sekarang yukata tersedia dengan berbagai macam warna dan desain. Seperti kimono, yukata dengan warna-warna cerah dan pola-pola yang lebih berani digunakan oleh orang muda. Anak-anak menggunakan yukata yang warna-warni, sedangkan perempuan menggunakan yukata dengan motif bunga. Sedangkan wanita yang lebih tua menggunakan yukata biru tua dengan pola geometris. 



Yukata biasanya digunakan dengan sendal kayu (geta). Lipatan baju yukata biasanya dari kiri ke kanan. Untuk menghadiri pemakaman biasanya ditukar arah lipatannya. Kemudian yukata dibungkus dengan pita, dan kelebihan dari pita itu dibuat ikatan pita yang secara tradisional biasanya ditaruh dibelakang. Secara tradisional pita yang ditaruh didepan mencerminkan wanita "bayaran".












di belakang ikatan pita bisa juga ditaruh kipas

















0 Response to "Yukata, Pakaian Tradisional Jepang"