[Share] Tips dan Trik Mencari Pekerjaan

Juni 8th, 2007 by tjahjo-nation
Beberapa hari yang lalu, chatting dengan seorang kawan, yang masih belum dapet kerjaan. Dia 3 taun di bawah saya dan ada beberapa kawan2nya yang masih belum bekerja. Lowongan yang ada, kebanyakan membutuhkan pengalaman, sehingga bikin dia gak mau kirim untuk lowongan itu. Hmmm… sepertinya, sudah kalah sebelum bertarung. Klo ambil perumpamaan, "gimana mo dapet istri, lha wong nyatain sama yang jomblo ajah gak berani"… hihihi.

 Sekedar berbagi pengalaman dalam mencari pekerjaan. Sebelum diwisuda, saya sudah dapet pekerjaan di sebuah konsultan tata kota, kemudian ditempatin di proyeknya yang di Pasuruan. Pekerjaan ini, saya dapet cuman dari SMS loh. Karena ada yang butuh, besok siangnya langsung didatengin ke kantornya. hehe… dan saat itu, langsung diterima dan lusa berangkat ke Pasuruan. Klo gak salah, itu 1 minggu setelah sidang tugas akhir.

Kemudian, 4 bulan di konsultan itu, pindah ke sebuah BUMN sebagai pegawai kontrak selama 6 bulan. Ini juga dapetnya gara2 kebetulan liat iklan nyempil di kompas. Aneh yah, BUMN koq iklannya nyempil.
Tepat 2 hari sebelum selesai masa kontrak, ada yang butuh juga keahlian saya di kampus. Seorang dosen arsitek, yang sedang melakukan analisa tatakota di sebuah kota di propinsi Riau. Hehe.. koq bisa yah, dapet kerjanya ke arsitek pulak. :p
Sebagai seorang penanggungjawab pemetaan, penghasilannya boleh dibilang lumayan lah waktu itu, meskipun dateline nya hanya 4 bulan. Dan ndalalah lagi, 2 minggu sebelum selesai pekerjaan itu, udah diterima lagi 5 perusahaan (2 BUMN, 3 Swasta) pada saat yang bersamaan. Akhirnya, dipilih sebuah kumpeni swasta, tempat saya kerja 3 taun terakhir.
Hmmm… sound so lucky. Hampir belum pernah nganggur sejak lulus. Alhamdulillah banget sih, tapi koq bisa yah. Jujur ajah, IPK saya gak sampe 2.75, buat ngelamar jadi CPNS ajah, bakalan ditolak tuh. Hehehe…
Nah tips and trik dari saya pribadi adalah,

1. Jangan pernah lewatkan kesempatan sedikitpun. Biarpun keliatannya mustahil, tetep baik buat dicoba. Kesempatan dateng darimana ajah. Bisa dari lowongan di koran, milis2, obrolan kopi sore, curi2 denger omongan orang di restoran ato deket2 sama temen yang lagi ada proyek. Gak perlu minder dengan IPK kecil, beberapa perusahaan punya standar tertentu untuk kampus tertentu koq. Hajar ajah dengan CV… oiyah, klo sambil kerja kan, bisa dapet duit buat kirim2 lamaran, ato klo dapet akses internet bisa buat kirim lamaran lewat email.

2. Buat CV yang sebagus2nya. Klo perlu full color, pake kertas concorde dan cover yang softcover. Dari pengalaman saya yang coba seperti itu, lumayan banyak yang manggil loh. Ukuran font dan pemilihan jenis font juga mempengaruhi pembaca CV. Kebayang kan, klo font yang kita pilih huruf bersambung. Lieur weh atuh nu maca. Tulisan yang perlu di ketik bold adalah, posisi ketika dulu pernah kerja. Misal, "Marketing Coordinator". Jangan lupa juga ditulis, job descriptionnya pada posisi itu. Pernah terima lamaran dari adek kelas beberapa taun di bawah, dan pas liat template CV nya, huahahaha… nu aing euy… dan template itu juga, udah membantu beberapa temen yang sekarang udah jadi nelayan dolar entah di samudera mana.

3. Masukkan semua pengalaman kerja semasa kuliah maupun sesudah lulus. Nah, ini pentingnya gawul. Jangan cuman gawul di kafe ajah, tapi gawul yang produktif. Ngomong2in tentang alat2 dan teknologi yang ada hubungannya ma kuliah. Rajin klo disuruh bantu2 buat proyek, meskipun dibayarnya pakek teh botol. Tapi lumayan kan, bisa ditulis di CV.

4. Di cover letter (yang paling depan), gunain kata2 yang menarik hati pemberi kerjaan. Misal, ngaku sebagai pekerja keras, seneng belajar, suka jalan2, mudah kerja sama. Nah, terakhirnya sedikit sombong juga gak papa. Misal, "saya siap untuk berdiskusi dan interview jika bapak/ibu memang menginginkan kualitas terbaik"… hehehe.

5. Tonjolkan kelebihan di dalam CV dan jangan munculkan kekurangan. Hehehe… salah satu faktor keberhasilan saya menembus beberapa lowongan yang butuh IPK minimal 3.25, adalah karena saya gak pernah kirim transkrip dan cantumin IPK di CV. Biasanya mereka baru minta pas ngundang interview, dan biasanya sih klo dah di interview 80% keterima. Gak bohong kan, hanya tidak menonjolkan kekurangan. Yah klo yang cum laude mah, kudu atuh itu digede2in. Klo perlu font nya bold dan sizenya 30. hihihi…

6. Ketika interview, usahakan serileks mungkin. Sebelum masuk ke ruangan, tarik napas dalem2 dan keluarin lewat idung ajah yah… hehe. Ketika masuk, selalu tersenyum dan ucapkan salam. Jangan langsung duduk, klo belum disuruh. Tatap mata interviewer untuk menunjukkan kepercayaan diri. Klo disuruh presentasi, ngomong ajah selancarnya. Jangan takut salah, yang penting kita yakin dengan kemampuan kita. Gunain papan tulis ato apapun yang ada di sana, untuk bikin ilustrasi, gambar, flowchart, dsb. Ini suatu nilai tambah buat yagn diinterview.

Itu dulu, kira2 tips dari saya. Oiyah, dan yang paling akhir setelah usaha2 di atas adalah, berdoa dan sedekah. Berdoa mungkin udah sering tapi tetep gak dapet2, nah coba sedekah. Gak bakalan jadi miskin kan, cuman keluarin seribu dua ribu rupiah tiap hari.

Dikutip dengan izin.
Artikel oleh : Cahyo Noviadi Nugroho, Teknik Geodesi ITB 1998, Memperoleh Gelar Master of Science di bidang Geofisika dari Seoul National University melalui Beasiswa Pemerintah Korea. Sekarang bekerja di Baker & Hughes,Inc

Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang

3 Responses to "[Share] Tips dan Trik Mencari Pekerjaan"

  1. Replies
    1. salut sama orang ini..
      lulus.. laksanakan..

      setelah status diatas ditulis, beliau langsung kerja di JICA.
      sekarang selang 1 tahun, beliau mao kerja di Jepang (bukan babu)

      semoga sukses ^^

      Delete
  2. improfisasi no.4. mungkin bisa disisi, jika bapak punya anak gadis yang belum kawin-kawin, saya siap jadi mantu bapak

    ReplyDelete