Informasi CPNS 2012 Tenaga Kependidikan PTN

Dalam tahun anggaran 2012 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengangkat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi kebutuhan dosen pada 73 Perguruan Tinggi (PT) se-Indonesia

Pengumuman lebih lanjut mengenai Tata Cara Pendaftaran, jumlah dan Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan, serta jadwal pendaftaran dan seleksi dapat dilihat pada masing-masing perguruan tinggi negeri setempat atau melalui www.kemendikbud.go.id

Berikut ini adalah kutipan artikel mengenai gosip yang santer terdengar belakangan ini, bahwa seleksi penerimaan CPNS 2012 akan dilaksanakan serentak dengan menggunakan sistem yang mirip seperti ujian nasional maupun SNMPTN.
Pelaksanaan Seleksi penerimaan CPNS 2012 menurut rencana akan dilaksanakan pada tanggal 8 september 2012 di sekitar 90 titik. Ujian tersebut akan memperebutkan 14.560 Formasi PNS yang dibutuhkan 48 Instansi Pemerintah, serta pendidikan kedinasan sebanyak 4.126 Formasi.

"Untuk tenaga honorer yang sudah tidak ad komplain, akan diproses terlebih dahulu", ujar Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB Ramli E Naibaho dalam jumpa pers di Jakarta.
Dikatakan, tahun ini hanya 23 instansi pemerintah pusat dan 25 pemerintah daerah yang memenuhi syarat melakukan penerimaan CPNS untuk jabatan yang dikecualikan dari moratorium. Padahal anggaran APBN 2012 dialokasikan untuk penerimaan 62.560 CPNS, tetapi hanya terserap 14.560 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 11.870 untuk instansi pusat dan 2.681 untuk pemerintah daerah.

Semula ada 119 Instansi yang mengusulkan permohonan CPNS untuk tahun 2012. Untuk pusat sebanyak 59 Instansi, dan daerah sebanyak 47, sehingga jumlah permohonan formasi mencapai 76.000 lebih. Namun berdasarkan kebijakan Moratorium, setiap instansi harus melengkapi usulan itu dengan analisis jabatan dan analisis beban kerja sesuai ketentuan yang berlaku. Bagi daerah yang sudah kelebihan pegawai juga tidak boleh.

Untuk pemerintah daerah, anggaran belanja pegawai tidak boleh lebih dari 50% dari APBD. Dalam hal ini, acuannya adalah data dari Kementerian Keuangan. (Ramli E Naibaho - Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB)

Dalam pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS 2012, Ramli mengatakan materi adalah kompetensi dasar, yang meliputi unsur-unsur kebangsaan, intelegensia umum, karakter pribadi, integritas. sedangkan kompetensi bidang dilakukan oleh masing-masing instansi. "Kalau guru, yang mengatur adalah Kementerian Pendidikan, Dokter atau tenaga medis oleh Kementerian Kesehatan".

Untuk Ujian seleksi penerimaan CPNS 2012 ini dibuat oleh 10 konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN), yang tergabung dalam panitia Nasional. "Nanti semua peserta Ujian Seleksi Penerimaan CPNS 2012 akan mengetahui nilainya, jadi sangat Fair" Ujar Ramli.

Sekretaris Kementerian PAN dan RB- Tasdik Kinanto mengingatkan agar warga masyarakat tidak berhubungan dengan pihak-pihak yang mengaku bisa meloloskan Seleksi Penerimaan CPNS dengan imbalan sejumlah uang. Kementerian PAN dan RB sudah menggandeng Indonesian Corruption Watch (ICW), Ombudsman RI, dan segenap LSM untuk turut mengawasi Seleksi Penerimaan CPNS 2012 ini"

1 Response to "Informasi CPNS 2012 Tenaga Kependidikan PTN"

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete