Software Penerjemah Jepang-Inggris Fujitsu Atlas v.14

Terinspirasi oleh kalimat "Translator and Interpreter can not be replaced by any software nor machine based Translation Tools" yang pernah saya baca di salah satu website translator (translatorcafe.com), maka saya mencoba menulis artikel ini. Memang hasil terjemahan manual akan lebih baik dan tidak tergantikan oleh hasil terjemahan software maupun machine based translation tools seperti google translate.Semoga artikel dan software ini berguna untuk bahan belajar bahasa Jepang


Penggunaan software maupun machine based translation tools tidak dapat dihindari dalam perkembangan teknologi yang makin pesat belakangan ini. Kemampuan software maupun website online seperti google translate berkembang pesat. Ketika pada saat baru muncul hanya menerjemahkan kata per kata, sekarang sudah berkembang ke idiom dan per kalimat utuh, terutama untuk bahasa Inggris sudah mendekati sempurna.

Namun untuk bahasa Jepang, perkembangannya tidak terlalu signifikan. Menurut pendapat yang pernah saya baca, salah satu kesulitan bahasa Jepang dibuat otomatisasi menggunakan software penerjemah adalah tata bahasa bakunya yang terkadang bisa menghilangkan subjek ketika konteks kalimat sudah jelas. Ketiadaan subjek dalam tata bahasa resmi semacam ini sulit ditentukan algoritma pemrogramannya, da hasilnya adalah penerjemahan bahasa jepang yang baku menjadi rancu.

Penggunaan software maupun machine based translation tools memang sah-sah saja, namun hanya sebagai pembantu atau penunjang penerjemahan. Jangan jadikan software maupun machine translation sebagai senjata utama dalam menerjemahkan sesuatu. Khusus untuk bahasa Jepang, saya ingin memperkenalkan software yang bernama Fujitsu Atlas v.14 yang merupakan software penerjemahan Jepang-Inggris dan sebaliknya.

Fujitsu Atlas v.14
Fujitsu Atlas adalah software penerjemah untuk bahasa Jepang-Inggris dan sebaliknya. Fungsinya sama seperti kamus elektronik maupun software kamus seperti transtool, kamus, ataupun google translate. Untuk informasi tentang Fujitsu Atlas v.14 dapat dilihat DISINI dan untuk detail harganya DISINI.. Anda dapat mencoba mendownload dan menginstall trial Fujitsu Atlas untuk digunakan selama 30 hari Free.
Berikut adalah tampilan Fujitsu Atlas v.14 setelah terinstall di PC

fujitsu atlas

Quick Atlas
Walaupun software ini memiliki banyak fungsi, namun yang paling utama saya gunakan adalah fitur Quick Atlas (lihat gambar diatas). Fitur Quick Atlas akan aktif di bagian systray (kanan bawah windows Anda), klik untuk menampilkannya di layar. seperti ini tampilan quick Atlas.

fujitsu atlas

Simple kan tampilannya, seperti software2x standar lainnya. sekarang mari kita coba translate suatu kalimat umum dalam bahasa Jepang ke bahasa Inggris

fujitsu atlas

Tidak terlalu mengecewakan bukan? sekarang kita coba kalimat yang lebih kompleks yang saya coba ambil dari berita di nhk online (http://www3.nhk.or.jp/news/html/20120503/t10014878001000.html)

fujitsu atlas

Hmm... seperti terlihat, ketika digunakan untuk menerjemahkan kalimat kompleks akan terjadi kerancuan sedikit tapi masih bisa dimengerti konteksnya.

Software maupun machine translation memang sangat membantu dalam proses menerjemahkan. Terlepas dari pro dan kontra penggunaannya dalam konteks akademis, tidak dapat dipungkiri bahwa software dan machine translation sangatlah membantu bagi pembelajar bahasa. Nah, bagaimana dengan Anda?? tertarik menggunakannya??


Prodi Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang

2 Responses to "Software Penerjemah Jepang-Inggris Fujitsu Atlas v.14"

  1. bah si om.. sopwer mahal ini.
    mao dong om, upload upload.....

    ReplyDelete
  2. bweh, sapa ini diatas? bau baunya makhluk ababil FB. ini bonbon bukan??
    ga boleh kalo diupload, melanggar SOPA nanti. (alibi padahal fakir bandwidth dan nda maw bagi bagi..kqkqkq)

    ReplyDelete