Benkyoukai, Dosen Juga Rajin Belajar

Pernah dengar kata benkyoukai? Benkyoukai (kelompok belajar) dalam hal ini merupakan salah satu kegiatan dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang bekerjasama dengan Asosiasi Studi Pendidikan bahasa Jepang Indonesia (ASPBJI) Korwil Jateng dan D.I. Yogyakarta. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap satu bulan sekali di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes. Dosen-dosen juga harus tetap mengasah ilmunya biar nggak kalah sama mahasiswa.

Benkyoukai ini biasanya diisi dengan materi dari dosen-dosen yang menjadi anggota ASPBJI secara bergilir. Jadi semacam seminar kecil-kecilan dan biasanya diakhiri dengan diskusi atau workshop. Benkyoukai ini dimaksudkan agar terjalin silaturahmi dan sharing tentang pendidikan bahasa Jepang, permasalahannya, dan solusinya.

ASPBJI korwil Jateng dan D.I. Yogyakarta ini diketuai oleh Ai Sumirah Setiawati (Kaprodi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes, jabatan borongan ^_^), beranggotakan 53 dosen/pengajar bahasa Jepang perguruan tinggi (Unnes, Undip, Udinus, Untag, UGM, Unsoed, Stiba Satya Wacana dll) dan SMA se-Jawa Tengah dan D.I.Y. Selain itu, ASPBJI yang kerap disebut gakkai ini juga beranggotakan native speaker Jepang sebanyak 9 orang. Mereka merupakan tenaga ahli bahasa Jepang yang berasal dari instansi The Japan Foundation, JICA, dan volunteer.


benkyoukai dosen universitas negeri semarang
Belajar dengan gembira.

benkyoukai dosen universitas negeri semarang
Narita Takahiro, yang didaulat sebagai pemateri sedang mengawasi dosen-dosen yang sedang kerja kelompok

benkyoukai dosen universitas negeri semarang
Setiap kelompok salah satu anggotanya native speaker

benkyoukai dosen universitas negeri semarang
Tetap ceria meskipun tugas yang diberikan membuat “mumet” ヾ( ゚∀゚)ノ゙

benkyoukai dosen universitas negeri semarang
Ada juga kelompok yang serius d(゚-^*) ナイス♪


Prodi Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang

1 Response to "Benkyoukai, Dosen Juga Rajin Belajar"

  1. yang paling serius kelompoknya Andi Sensei.....

    ReplyDelete