Sinergi Sumber Daya Online Prodi Pendidikan Bahasa Jepang

Pendidikan adalah salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia yang berfikir bagaimana cara menjalani kehidupan didunia ini dalam rangka mempertahankan hidup dan eksistensinya di dunia serta penghidupan manusia yang mengemban tugas dari Sang Kholiq sebagai Khalifah di muka bumi ini.

Berdasarkan undang-undang Sisdiknas No.20 tahun 2003 Bab I, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Sedangkan, Kosasih Djahiri (1980 : 3) mengatakan bahwa Pendidikan adalah merupakan upaya yang terorganisir, berencana dan berlangsung kontinyu (terus menerus sepanjang hayat) kearah membina manusia/anak didik menjadi insan paripurna, dewasa dan berbudaya (civilized).

Dari pengertian tersebut bahwa pendidikan merupakan upaya yang terorganisir memiliki makna bahwa pendidikan tersebut dilakukan oleh usaha sadar manusia dengan dasar dan tujuan yang jelas, ada tahapannya dan ada komitmen bersama didalam proses pendidikan itu. Berencana mengandung arti bahwa pendidikan itu direncanakan sebelumnya, dengan suatu proses perhitungan yang matang dan berbagai sistem pendukung yang disiapkan. Berlangsung kontinyu artinya pendidikan itu terus menerus sepanjang hayat, selama manusia hidup proses pendidikan itu akan tetap dibutuhkan, kecuali apabila manusia sudah mati, tidak memerlukan lagi suatu proses pendidikan.

Nah dalam kaitan pendidikan Formal, maka diperlukan suatu institusi pendidikan formal yang menyelenggarakan Jasa Pendidikan. Kita harus akui dan tidak bisa dipungkiri, sebuah lembaga pendidikan formal bisa dikatakan membutuhkan sarana Marketing. Terlepas suatu lembaga penyelenggara pendidikan itu nirlaba atau berlaba, maka dia perlu Marketing untuk menunjukkan eksistensinya di masyarakat.

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES, sebagai salah satu penyelenggara pendidikan menyadari akan hal ini, tanpa publikasi dan marketing maka kita tidak akan dapat bertahan. Untuk mendukung hal tersebut, maka mulai tahun 2012 ini Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES mulai melakukan gerakan Sinergi Sumber Daya Online (Internet).

Apakah yang dimaksud dengan Sinergi Sumber Daya Online tersebut?? lihatlah diagram simple berikut ini.

Dari diagram diatas kita dapat melihat, untuk mendukung Prodi Pendidikan Bahasa Jepang sebagai suatu produk, kita melakukan 3 kegiatan online pendukung yaitu : Pengembangan Website Resmi, Publikasi Jurnal Ilmiah Elektronik (Chi'e), dan Penggunaan Social Media (facebook, twitter, dll) Untuk menopang Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.

Pengembangan Website (www.pendidikanbahasajepang-unnes.com) dimulai sekitar bulan maret 2012. Ya, memang masih teramat sangat baru untuk ukuran sebuah website. Namun kita berharap kontinuitas dari pengembangan ini dan bukan hanya menjadi proyek gagal yang tidak pernah berkembang.

Pengembangan Jurnal Ilmiah Elektronik sebagai sarana publikasi penelitian dan kajian ilmiah juga sudah dikembangkan pada bulan Maret 2012. Sekarang e-journal yang kita namakan Chi'e sudah siap untuk di launching mendukung program dari Universitas Negeri Semarang dalam pengembangan publikasi Jurnal Ilmiah.

Penggunaan Social Media seperti facebook juga telah digunakan, dan akan terus dikembangkan. Contohnya adalah Group Internal dan Pages Resmi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES.

Penggabungan ketiga sumber daya tersebut diharapkan dapat memperkuat posisi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang dalam persaingan global di dunia pendidikan Indonesia dan Dunia. Tentu saja, selain melakukan perbaikan eksternal kami juga melakukan perbaikan-perbaikan internal seperti penguatan kualitas staff pengajar dengan mengirimkan staff pengajar kami untuk menuntun ilmu di luar negeri,khususnya Jepang.

Semoga dengan sinergi sumber daya online ini Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang semakin dikenal luas, tidak hanya di wilayah Provinsi Jawa Tengah, namun juga di seluruh Indonesia dan di seluruh Dunia. Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang telah dan selalu siap mendukung Target UNNES sebagai Conservation dan World Class University 2020

3 Responses to "Sinergi Sumber Daya Online Prodi Pendidikan Bahasa Jepang"

  1. wah ada mister Budi yang selalu setia.. haha..

    jaman sekarang segala macam harus go online,
    it's whether go online or you die...

    ReplyDelete