Persiapan e-Journal Pendidikan Bahasa Jepang

Sebagai bentuk followup dari Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang mensyaratkan bahwa ada persyaratan tambahan untuk meraih predikat sarjana strata 1, master strata 2, maupun doktoral strata 3, yaitu kewajiban adanya Publikasi dalam Jurnal sebagai syarat kelulusan.

Dimana kriteria Jurnal yang disyaratkan adalah sebagai berikut:
  1. Untuk lulusan S1, wajib memasukkan makalahnya ke Jurnal Ilmiah
  2. Untuk lulusan S2, wajib memasukkan makalahnya ke Jurnal Nasional yang terakreditasi Dikti
  3. Untuk lulusan S3, wajib memiliki makalah dalam Jurnal Internasional terakreditasi.
Maka pada pertengahan Maret lalu, Universitas Negeri Semarang mengadakan pelatihan singkat e-Journal sebagai bentuk lanjutan implementasi surat edaran tersebut. Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Agus Wahyudin MSi mengungkapkan, dengan kapasitas information technology (IT) yang dimiliki Unnes hingga 55 tera, hendaknya dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembelajaran berbasis IT. Itu khusus untuk memfasilitasi 80 jurnal program studi di Unnes yang akan terbit dalam versi elektronika di laman e-jurnal. “Targetnya untuk mengatasi kelulusan mahasiswa S1, S2, dan S3 terkait surat edaran Dikti yang mewajibkan mahasiswa harus bisa menulis artikel untuk jurnal,” ungkapnya.

Wakil dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang pada pelatihan tersebut, sekaligus menjadi penanggung-jawab e-journal Prodi Pendidikan Bahasa Jepang adalah Ibu Silvia Nurhayati, S.Pd, M.Pd.

Setelah diadakan urun rembug, maka diputuskan bahwa Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang akan bernama "Chie'". Dewan Redaksi dari e-Journal tersebut adalah Ibu Ai Sumirah, S.Pd, M.Pd , Ibu dra. Rina Supriatnaningsih, M.Pd , Ibu Silvia Nurhayati, S.Pd, M.Pd, Ibu Lisda Nurjaleka, S.Pd, M.Pd dan Bapak Chevy Kusumah, S.Pd, M.Pd.
Ruang Lingkup Jurnal "Chie'" adalah memuat naskah bertema penelitian atau artikel konseptual tentang pendidikan bahasa Jepang,kajian bahasa, sastra dan budaya Jepang.

Untuk melihat sekilas layout Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, dapat dilihat di http://journal.unnes.ac.id/latihan/index.php/chie/index


Prodi Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang

0 Response to "Persiapan e-Journal Pendidikan Bahasa Jepang"