KKL Prodi Pendidikan Bahasa Jepang - UNNES 2012 (Hari ke-2)

Lanjutan dari KKL 2012 part 1 ...

KKL 2012 Bandung-Jakarta hari ke-2 dimulai dengan kunjungan ke Sekolah Bahasa Jepang (nihon gakkou) di daerah Ciumbuleuit Bandung. Rombongan tiba di tempat tujuan sekitar pukul 10 pagi, dan itu.... kepagian.. haha.
Jarak antara penginapan di dago-lembang menuju ciumbuleuit memang tidak jauh, sehingga rencana awal pukul 11 pagi di tujuan menjadi lebih cepat.
Namun ternyata, kedatangan lebih pagi-pun tidak membuat jadwal rencana kita berjalan lebih cepat, karena rombongan harus menunggu sampai pukul 11 siang untuk masuk ke Sekolah tersebut. hal ini dikarenakan sedang diadakan Ujian Nasional Jepang (Semacam Ujian Akhir di Indonesia kali yaa).


Pada pukul 11 kita diperbolehkan masuk ke Nihon Gakkou. Di dalam nihongo gakkou itu sendiri terdiri dari tingkatan Taman Kanak-kanak sampai dengan tingkat SMP. Anak-anak yang bersekolah disini adalah anak-anak ekspatriat khususnya yang sedang bertugas di daerah Bandung dan sekitarnya. Sekolah ini dilengkapi dengan taman bermain, sarana olahraga, dan perpustakaan.


Kalah sama anak TK yang Mahir Bahasa Jepang

Acara kunjungan disini dimulai dengan penerimaan dari pihak sekolah yang diwakili oleh kepala sekolah. Dalam acara penerimaan tersebut, kami diberi kesempatan untuk bertanya seputar nihon gakkou ini. Setelah acara tersebut, kami diberi kesempatan untuk kengaku (berkeliling) melihat suasana dan fasilitas yang ada. Sambil sesekali kami diberi penjelasan oleh Ibu guru yang bertugas di sekolah tersebut.
Acara kengaku menjadi hal yang sangat menarik karena kami diberi kesempatan untuk melihat pembelajaran secara langsung di sekolah tersebut dari mulai tingkat TK sampai dengan SMP. Kami juga diberi penjelasan mengenai fungsi-fungsi ruangan yang ada.


Antusias di Ruang Serbaguna

Acara kunjungan ke Nihon gakkou diakhiri dengan foto bersama dengan kepala sekolah dan guru di depan sekolah. Kesan yang dirasakan tentu saja selain kebersihan dan kerapihan sekolah tersebut, juga tempat yang cukup luas dan suasana sekolah yang menyenangkan. Sekaligus juga menjadi mengerti bagaimana keadaan, jadwal dan kehidupan sekolah tingkat dasar di Jepang, karena kurikulum dan jadwal pelajaran harian disini sama seperti sekolah di Jepang.


Sayonaaraaaaaa.......

Sekitar pukul 12.30 kita bersiap berangkat menuju Jakarta untuk mengikuti Jadwal acara penutupan KKL kita yang akan di tutup di..... OVJ, ya benar di Panggung Opera Van Java bersama Sule, Andre, Parto, Nunung, Aziz dalam rangka OVJ Live Edisi Valentine. .. check this out..

Berangkat dari Ciumbuleuit melewati Cihampelas, lalu masuk ke jalan tol Cipularang Via Pasteur. Sepanjang perjalanan di Bis 2 dihibur dengan karaoke bareng mahasiswa/i dengan bintang tamu Bapak Chevy yang menyanyikan Kerispatih 1 album (namun karena kendala fisik, akhirnya cuma 1 lagu.. haha). Menurut bisik-bisik tetangga yang terdengar, di Bis 1 dihibur dengan VCD dakwah dari H.Kirun.. hihihi.


Kerispatih feat new Vokalis Chevy


Walau Cape tetep Narsis

Dalam perjalanan ke Jakarta kita sempat mampir di Sentra Oleh-oleh di sekitar daerah Sadang-Purwakarta. Sambil beristirahat, sholat (tidak pakai makan). Disini rombongan membeli oleh-oleh khas Pasundan, seperti Peuyeum, Manisan buah, Simping, dll dan pastinya.... Boneka lagi...

Tidak lama kita beristirahat disini, perjalanan dilanjutkan kembali. Melewati tol Cipularang menuju jakarta, yang Alhamdulillah belum masuk jam macet orang pulang kerja. Kita tiba di Studio OVJ dibilangan Perdatam Raya Pancoran, dan langsung menunggu waktu shooting.Pada saat kita datang, sedang diadakan take record OVJ off-air. Sambil menunggu, kita makan malam dulu.

Akhhirnya waktu yang ditunggu tiba, menonton OVJ live edisi Valentine dengan bintang tamu Nirina Zubir. namun karena dilarang menggunakan kamera, akhirnya hanya sedikit foto yang bisa diambil (kalau ada yang punya foto2x boleh dong share disini).







Setelah menonton OVJ, kita langsung menuju bis yang telah menunggu dan bersiap kembali pulang ke semarang. dalam perjalanan pulang kita 3x istirahat, pertama di KM59 Tol Cipularang, lalu Masjid Agung Brebes untuk shalat subuh, dan terakhir.... pemberhentian tak direncanakan di rumah makan sekitar mangkang.
Pemberhentian terakhir karena adanya kecelakaan disekitar batang yang mengakibatkan 1 jalur tertutup. Sampai di UNNES Semarang sekitar pukul 11 siang mundur 3-4 jam dari jadwal semula.


Brebes Sunrise

Alhamdulillah, semua kegiatan KKL Prodi Pendidikan Bahasa Jepang 2012 berlangsung lancar. Sampai jumpa di KKL 2013 ^^V...


Prodi Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang

2 Responses to "KKL Prodi Pendidikan Bahasa Jepang - UNNES 2012 (Hari ke-2)"

  1. c6ng3cxiiBb-Be6N07WS-rFGGWc

    ReplyDelete
  2. wah, diliput di blog prodi juga ya? baru lihat linknya di facebook... hihi..

    tapi cerita Andre ditembak mati sama Sule di Panggung OVJ kok nggak ditulis?? hihi...

    ReplyDelete