Kanji Cup 10 "UNNES Juara 2 Shokyu"

Konsulat Jenderal Jepang Surabaya, Japan Foundation, dan Sekolah Bahasa setempat, Sabtu (3 Maret 2012) lalu menyelenggarakan turnamen "Kanji Cup ke-10" di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur.


Team Kanji Cup 10 Universitas Negeri Semarang

Tujuan dari Kanji Cup ke-10 adalah untuk menumbuhkan motivasi para siswa belajar aksara Kanji terutama bagi pembelajar bahasa Jepang di Universitas maupun di sekolah bahasa Jepang. Karena salah satu kekurangan dalam pembelajaran bahasa jepang adalah kurangnya pemahaman tentang Kanji.

Turut hadir dalam upacara pembukaan yakni, Konjen Jepang di Surabaya Masaaki Takano, dan Ketua Perhimpunan Alumni dari Jepang (PERSADA) cabang Jawa Timur Sherman Salim. Dalam sambutannya, Sherman Salim mengungkapkan, "Turnamen Kanji yang memasuki tahun kesepuluh pada tahun ini, hanya diadakan di Surabaya. Saya berharap, acara ini dapat memperkuat hubungan kedua negara."

Turnamen terbagi dalam 2 kategori, yakni tingkat pemula (Shokyu) di ikuti 197 peserta, sementara untuk tingkat menengah (chukyu) dibagi dalam 14 tim. Para peserta diberi ujian melengkapi susunan Kanji dalam puzzle, membaca dan menulis
Kanji, serta menebak aksara Kanji yang digunakan dalam peribahasa (Kotowaza).

Pada lomba tingkat pemula (shokyu), Kholik Setiawan, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang tahun 2009 menjadi juara dua pada level umum dalam perlombaan Kanji Cup ke 10 di Universitas Airlangga yang diselenggarakan oleh Konsulat Jendral Jepang di Surabaya.


Penyerahan Hadiah Juara ke 1 dan 2


Kholik Setiawan (UNNES) dan Clarissa Irene (Universitas Brawijaya)

Kholik, berhasil menjadi juara dua setelah dikalahkan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya Clarissa Irene (mahasiswi tingkat 1 Sastra Jepang UB) dan mengalahkan ratusan peserta lainnya. “Unnes mengirimkan 20 peserta dan jumlah total 197 peserta dari universitas lain di Indonesia,”


Serah Terima Piala dengan Jurusan (diwakili Ibu Liespridona Diner S.Pd, M.Pd)

Perlombaan yang salah satu penilaian dalam aspek pengetahuan peserta mengenai salah satu huruf bahasa Jepang, Kanji ini merupakan kali pertama yang di raih Unnes. “Kami sangat bersyukur bisa mendapat juara tahun ini, kami berharap bisa menjadi juara pertama di tahun depan,” terangnya lagi.


Diolah dari Berbagai Sumber

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang
Universitas Negeri Semarang

Labels: